Coba perhatikan, tema iklan rokok umumnya soal "uji nyali", "tantangan", "keberanian", "ambil risiko", "kebebasan/ga mw dikekang atau diatur", bahkan ekstrimnya sampai ada iklan bermain dengan nyawa seperti adegan offroad bawa jeep ke lereng gunung berapi aktif, bermain2 diantara lahar panas (inget adegan volcano board salah satu iklan rokok), memanjat lereng tinggi tanpa pengaman, terjun bebas dari pesawat ....
disadari atau tidak, inilah yang disebut iklan bawah sadar atau "subconscious adv", pesannya bermain di pikiran bawah sadar yang mengakibatkan peringatan bahaya merokok ini ga mempan .... bahkan di salah satu iklan rokok peringatan ini dijadikan bahan lucu-lucuan
Pesan utamanya ke alam bawah sadar "Produk gue ini emang berisiko tinggi, taruhannya nyawa malah, karena itu produk gue cuma buat yang berani ambil risiko aja", nah namanya cowok dikasih tantangan kaya gitu bukan menghindar malah cendrung tertantang buat nyoba
Kalau dalam dunia iklan sih, "maqom" iklan rokok memang tingkat "suhu", bayangin kamu harus iklankan produk yang ga boleh kelihatan produknya, ga boleh ada adegan konsumsi produk, ga boleh ada ajakan pake produk & harus nyantumin keburukan dari produk yang ditawarkan, pusing ga tuh ?? Karena itu mereka akhirnya masuk di level pesan "bawah sadar", yang disadari atau tidak, pesannya lebih menghujam
Disclaimer : saya bukan perokok, bukan juga pakar branding atau iklan, cuma pengamat amatir
Oleh Muhammad Aldhira
Oleh Muhammad Aldhira
Comments
Post a Comment