Skip to main content

Mengenal Outdoor Advertising*

Outdoor Advertising atau reklame luar ruang adalah salah satu bentuk promosi/periklanan dengan memanfaatkan media yang dapat dilihat oleh masyarakat yang beraktifitas di luar ruang, seperti di jalan raya, fasilitas umum, taman berkumpul maupun media pada objek bergerak seperti mobil atau bus kota.

Outdoor advertising berguna untuk menarik perhatian sekaligus memperkuat pencitraan suatu produk atau jasa pada masyarakat yang sedang beraktifitas di area umum.

Outdoor advertising juga sangat berguna khususnya pada iklan tertentu yang berfungsi sebagai penunjuk atau penanda lokasi sautu tempat. Misal penunjuk lokasi sebuah toko serta papan reklame yang menunjukkan nama sebuah toko berikut jasa atau produk yang dijualnya.

Dalam beberapa referensi Outdoor advertising merupakan bentuk periklanan tradisional yang sudah digunakan sejak berabad-abad silam. Di eropa pada abad pertengahan, iklan dengan  media billboard mulai marak digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Bagaimanapun outdoor advertising masih dilakukan hingga era modern saat ini, dengan berbagai bentuk media yang lebih kreatif. Pada masyarakat perkotaan dengan tingkat mobilitas luar ruang yang tinggi, outdoor advertising tentu sangat efektif dalam menyampaikan promosi.

Pada sebagian fungsi, penggunaan media outdoor advertising tidak hanya digunakan untuk keperluan komersial tapi juga digukan untuk keperluan non komersial. Misal papan petunjuk atau rambu-rambu lalu lintas adalah bentuk media outdoor advertising yang digunakan untuk keperluan non komersial.

Secara umum, media yang digunakan untuk outdoor advertising adalah sebagai berikut :

  • Billboard, papan iklan yang berisi pesan promosi, umumnya berada di pinggir jalan ataupun di depan toko/kantor sebagai penanda lokasi 
  • Mobile billboard, papan iklan berjalan yang sengaja dirancang untuk dihubungkan dengan kendaraan agar bisa disimak masyarakat yang berada di area yang dilalui Mobile billboard ini. Mobile branding (mobil atau bus yang bagian eksteriornya dipenuhi pesan iklan) adalah bagian dari Mobile billboard
  • Neon Signage, adalah lampu yang dibentuk khusus dalam bentuk huruf atau simbol tertentu, biasanya digunakan sebagai petunjuk atau penanda di malam hari 
  • Neon Box, adalah kotak lampu yang ditutupi pesan iklan yang dicetak dalam media tembus cahaya, sehingga saat malam, pesan iklan tetap terlihat
  • Emboss Font Sign, atau dikenal dengan huruf timbul, adalah media huruf dalam ukuran tertentu yang dirangkai menjadi pesan yang mengandung iklan atau penanda suatu lokasi. 
  • Spanduk, lembaran kain berukuran tertentu yang berisi pesan promosi


*Ditulis oleh BandungOutdoorAdvertising, dari berbagai sumber






Comments

Popular posts from this blog

Penggagas Itikaf Ramadhan Masjid Habiburahman ini telah tiada

 Mang Oded saat Itikaf di Masjid Habiburrahman Jumat 10 Desember 2021 selepas shalat Jum'at, beberapa grup whatsapp yang berisi kader maupun simpatisan  PKS bunyi saling bersautan, tidak seperti biasanya, rupanya berisi kabar cukup mengejutkan, salah satu kader senior PKS Kota Bandung yang sedang menjabat Walikota Bandung, Ustadz Oded Muhammad Danial atau akrab dengan panggilan Mang Oded meninggal dunia. Seketika kalimat istirja terucap, mengiringi rasa keterkejutan dan pertanyaan asbab kematian beliau,    إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ Hati semakin terenyuh ketika mendengar kronologis detik terakhir Mang Oded, sebuah kondisi akhir kehidupan yang tentu sangat diinginkan oleh semua Mukmin, wafat dalam keadaan ibadah. Mang Oded wafat dalam kondisi sedang menjalankan shalat sunnat, di dalam masjid, menjelang "tugas" sebagai khatib, di hari Jumat yang penuh berkah, dengan saksi ribuan jamaah Shalat Jumat Masjid Mujahidin Muhammadiyah, sebuah kondisi kematia...

Islam dan Nasionalisme, haruskah dibenturkan ?

Artikel ini pernah dimuat dalam rubrik opini harian cetak Republika, 18 Juni 2011 dengan judul Agama & Nasionalisme  Tulisan ini merupakan tanggapan atas rilis konferensi pers hasil survei Tata Nilai, Impian, Cita-cita Pemuda Muslim di Asia Tenggara yang diadakan Goethe-Institut, The Friedrich Naumann Foundation for Freedom, Lembaga Survei Indonesia dan Merdeka Center for Opinion Research Malaysia pada Selasa (14/6). Kesimpulan utama hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia adalah Anak muda muslim di Indonesia ternyata lebih mengutamakan identitas keislaman mereka ketimbang identitas mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Tidak jelas apa sebenarnya tujuan utama dilakukan survei ini, bahkan dalam survei ini tidak didefinisikan secara jelas apa yang dimaksud identitas agama serta identitas kebangsaan. Apakah pengertian identitas tersebut dalam bentuk penampilan semata, pandangan dan semangat hidup ataukah dalam bentuk interaksi antar sesama manusia. Namun t...

Rahasia dibalik konsep adu nyali iklan rokok

Coba perhatikan, tema iklan rokok umumnya soal "uji nyali", "tantangan", "keberanian", "ambil risiko", "kebebasan/ga mw dikekang atau diatur", bahkan ekstrimnya sampai ada iklan bermain dengan nyawa seperti adegan offroad bawa jeep ke lereng gunung berapi aktif, bermain2 diantara lahar panas (inget adegan volcano board salah satu iklan rokok), memanjat lereng tinggi tanpa pengaman, terjun bebas dari pesawat  ....   disadari atau tidak, inilah yang disebut iklan bawah sadar atau  "subconscious adv", pesannya bermain di pikiran bawah sadar yang mengakibatkan peringatan bahaya merokok ini ga mempan .... bahkan di salah satu iklan rokok peringatan ini dijadikan bahan lucu-lucuan  Pesan utamanya ke alam bawah sadar "Produk gue ini emang berisiko tinggi, taruhannya nyawa malah, karena itu produk gue cuma buat yang berani ambil risiko aja", nah namanya cowok dikasih tantangan kaya gitu bukan menghindar malah...