Outdoor Advertising atau reklame luar ruang adalah salah satu bentuk promosi/periklanan dengan memanfaatkan media yang dapat dilihat oleh masyarakat yang beraktifitas di luar ruang, seperti di jalan raya, fasilitas umum, taman berkumpul maupun media pada objek bergerak seperti mobil atau bus kota.
Outdoor advertising berguna untuk menarik perhatian sekaligus memperkuat pencitraan suatu produk atau jasa pada masyarakat yang sedang beraktifitas di area umum.
Outdoor advertising juga sangat berguna khususnya pada iklan tertentu yang berfungsi sebagai penunjuk atau penanda lokasi sautu tempat. Misal penunjuk lokasi sebuah toko serta papan reklame yang menunjukkan nama sebuah toko berikut jasa atau produk yang dijualnya.
Dalam beberapa referensi Outdoor advertising merupakan bentuk periklanan tradisional yang sudah digunakan sejak berabad-abad silam. Di eropa pada abad pertengahan, iklan dengan media billboard mulai marak digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Bagaimanapun outdoor advertising masih dilakukan hingga era modern saat ini, dengan berbagai bentuk media yang lebih kreatif. Pada masyarakat perkotaan dengan tingkat mobilitas luar ruang yang tinggi, outdoor advertising tentu sangat efektif dalam menyampaikan promosi.
Pada sebagian fungsi, penggunaan media outdoor advertising tidak hanya digunakan untuk keperluan komersial tapi juga digukan untuk keperluan non komersial. Misal papan petunjuk atau rambu-rambu lalu lintas adalah bentuk media outdoor advertising yang digunakan untuk keperluan non komersial.
Secara umum, media yang digunakan untuk outdoor advertising adalah sebagai berikut :
*Ditulis oleh BandungOutdoorAdvertising, dari berbagai sumber
Outdoor advertising berguna untuk menarik perhatian sekaligus memperkuat pencitraan suatu produk atau jasa pada masyarakat yang sedang beraktifitas di area umum.
Outdoor advertising juga sangat berguna khususnya pada iklan tertentu yang berfungsi sebagai penunjuk atau penanda lokasi sautu tempat. Misal penunjuk lokasi sebuah toko serta papan reklame yang menunjukkan nama sebuah toko berikut jasa atau produk yang dijualnya.
Dalam beberapa referensi Outdoor advertising merupakan bentuk periklanan tradisional yang sudah digunakan sejak berabad-abad silam. Di eropa pada abad pertengahan, iklan dengan media billboard mulai marak digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Bagaimanapun outdoor advertising masih dilakukan hingga era modern saat ini, dengan berbagai bentuk media yang lebih kreatif. Pada masyarakat perkotaan dengan tingkat mobilitas luar ruang yang tinggi, outdoor advertising tentu sangat efektif dalam menyampaikan promosi.
Pada sebagian fungsi, penggunaan media outdoor advertising tidak hanya digunakan untuk keperluan komersial tapi juga digukan untuk keperluan non komersial. Misal papan petunjuk atau rambu-rambu lalu lintas adalah bentuk media outdoor advertising yang digunakan untuk keperluan non komersial.
Secara umum, media yang digunakan untuk outdoor advertising adalah sebagai berikut :
- Billboard, papan iklan yang berisi pesan promosi, umumnya berada di pinggir jalan ataupun di depan toko/kantor sebagai penanda lokasi
- Mobile billboard, papan iklan berjalan yang sengaja dirancang untuk dihubungkan dengan kendaraan agar bisa disimak masyarakat yang berada di area yang dilalui Mobile billboard ini. Mobile branding (mobil atau bus yang bagian eksteriornya dipenuhi pesan iklan) adalah bagian dari Mobile billboard
- Neon Signage, adalah lampu yang dibentuk khusus dalam bentuk huruf atau simbol tertentu, biasanya digunakan sebagai petunjuk atau penanda di malam hari
- Neon Box, adalah kotak lampu yang ditutupi pesan iklan yang dicetak dalam media tembus cahaya, sehingga saat malam, pesan iklan tetap terlihat
- Emboss Font Sign, atau dikenal dengan huruf timbul, adalah media huruf dalam ukuran tertentu yang dirangkai menjadi pesan yang mengandung iklan atau penanda suatu lokasi.
- Spanduk, lembaran kain berukuran tertentu yang berisi pesan promosi
*Ditulis oleh BandungOutdoorAdvertising, dari berbagai sumber
Comments
Post a Comment